Mari Kita Berhemat Listrik

Wednesday, January 6, 2010
Demi untuk menghemat listrik, maklum dari kemarin pake komputer, kucoba untuk menulis tulisan ini lewat hape. Emang jadi ribet, tapi ga apalah daripada ga ada. Baru tahu juga kalau pake opera mini kita bisa posting blog. Bisa jadi solusi/alternatif. Ya memang kita harus mau berkorban, pasti temen2 sudah sering denger ajakan untuk menghemat listrik. Tapi kadang itu cuma slogan2 aja. Jarang dari kita yg mau ngerti. Entah karena ga tahu atau emang ga peduli. Sekian dulu ah sudah malem, besok dilanjut...
Lanjut nih, ada beberapa cara menghemat listrik yang mudah dan bisa kita lakukan. Diantaranya :
1. Gunakan Lampu Hemat Energi
Kita sudah pasti tahu mengenai lampu hemat energi, saat ini sudah banyak dijual di warung-warung ataupun di toko-toko. Keuntungan pemakaian lampu hemat energi tersebut adalah dengan watt yang kecil, cahaya yang didapat lebih terang daripada lampu pijar (bohlam). Perbandingan bisa sampai 5x. Sehingga kita cukup menggunakan lampu dengan watt yang kecil untuk memperoleh cahaya yang terang dan itu akan menghemat listrik kita. Secara teori mudahnya (orang awam), energi yang dihasilkan pada lampu hemat energi lebih banyak ke cahaya daripada panas, lain dengan lampu pijar energi yang dihasilkan selain ke cahaya juga ke panas. Coba bandingkan saja !
2. Matikan Lampu Bila Tidak Digunakan
Inilah suatu pekerjaan yang mudah cuma kadang sebagian dari kita tidak mengerti. Sering kita lihat, ruangan kosong yang tidak dipergunakan dengan tetap menyalakan lampu. Seberapa energi yang telah kita buang percuma. Memang, toh kita yang membayar. Tapi, ingatlah bahwa di luar sana masih banyak orang yang membutuhkan listrik, sering juga kita dengar adanya pemadaman listrik. Oleh karena itu, cobalah dari diri kita sendiri untuk mematikan lampu jika tidak dipergunakan.
3. Gunakanlah ukuran watt yang sesuai dengan ruangannya.
Sesuaikan dengan ukuran ruangan, fungsi dan waktu dinyalakannya. Untuk ukuran ruangan yang kecil, ya cukup dengan watt yang kecil. Pada saat tidur malam, biasanya ada beberapa lampu yang dinyalakan karena faktor keamanan (biar ga dikira rumah kosong), maka cukup dengan watt yang kecil (5 watt lampu hemat energi bermerk sudah cukup). Soalnya biasanya lampu tersebut nyalanya lama. Seperti halnya teras dan kamar mandi. Sudah menjadi kebiasaan (ada unsur tertentu), lampu kamar mandi tidak boleh dimatikan. Makanya perlu kita siasati dengan lampu ber-watt kecil.
Itulah cara termudah yang bisa kita lakukan, banyak cara yang lain. Tapi paling tidak kita coba dengan yang mudah dulu. OK ?

2 comments:

dede said...

dengan kasih komen anda udah taruh link di situ, tapi kalo mu taruh lenih dari sati seperti ini Menciptakan Uang Online

lihat di sini

http://www.w3schools.com/HTML/html_links.asp

Anonymous said...

Ok,trims akan sy coba.Salam kenal ya

Post a Comment